Susahnya Air Desekitar Gunung Utah

Susahnya Air Disekitar Gunung Utah

Sebagai orang yang sudah lama tinggal pada sebuah desa disekitar gunung gersang, maka susahnya air disekitar Gunung Utah menjadi permasalahan utama kami. Dimana dalam keseharian hidup air adalah sumber daya alam utama dalam hidup yang sangat dibutuhkan, tetapi kami mendapatkan ari sangat sulit di desa Gunung Utah. Pada bulan juli hingga oktober adalah musim kemarau pertama di desa ini, nah pada bulan ini akan banyak penduduk menyiapkan stok air sebanyak mungkin.

Sebenarnya ada aliran sungai dibawah kaki gunung utah, namun berjarak sangat jauh sekitar 10 kilo meter. Untuk menempuh Sungai Hara yang ada disekitar kaki gunung tidak bisa menggunakan motor atau alat transpor lainnya, hanya dengan berjalan kaki yang bisa menghabiskan waktu sekitar 6-8 jam sungguh memakan waktu lama. Sehingga solusi penduduk desa sini mengumpulkan air pada sebuah tempat air yang sangat besar dan cukup untuk penduduk desa selama 4-5 bulan kedepan.

Untuk bisa menikmati air bersih dari desa Gunung Utah ada sekitar pada bulan Desember-Maret, sumber mata iar pada sumur penduduk akan mengalir kencang hingga tpara penduduk tidak perlu susah lagi untuk mencari air. Di desa Hara air adalah simbol kehidupan dalam kepercayaan adat penduduk disana, Oleh sebab itu mereka tidak boleh sampai kehabisan stok air. Karena mereka meyakini semakin banyak air didalam kehidupan, maka akan semakin bayak kebaikan terjadi buat mereka.

Suku Hara Dapat Mengatasi Susahnya Air Disekitar Gunung Utah

Jauh sebelum musim kemarau tiba disekitar gunung utah maka penduduk suku hara sudah mempersiapkan stok air sebanyak-banyaknya. Sebelum masuk pada awal bulan Juli seluruh penduduk di desa tersebut akan bekerjasama untuk mengumpulkan air bersih. Pada sebuah wadah untuk menaruh air bersih yang disebut mereka dengan “Wadram” mereka menyimpan stok air disana, Wadram sendiri terletak di dekat rumah kepala suku penduduk Hara.

Susahnya Air Disekitar Gunung Utah

Meski sudah tiba musim kemarau dan sumber air kering disekitar gunung utah, namun penduduk Hara tidak kekurangan air dan masih bisa memakai air sesuai kebutuhan seperti biasanya. Serunya lagi pada musim kemarau ini penduduk Hara akan sering mengadakan acara makan bersama, daging-dagingan adalah hidangan utama pada acara besar mereka. Disekitar gunung utah para bintang-binatang yang bisa dimakan akan banyak berkeluaran dari sarang hutan mereka, sehingga pada musim kemarau ini penduduk banyak yg berburu hewan liar.

Terimakasih sudah bergabung kembali pada postingan artikel terbaru kami, dengan senang hari kami akan menuliskan cerita menarik dan terpercaya kepada anda sekalian. Semoga kisah dan informasi nan selalu kami bagikan adalah hal bermanfaat dan mendidik buat kalian semua. Samapai jumpa lagi pada artikel dan berita dari kami selanjutnya.